Panduan Import Barang China

Panduan Import Barang China

Panduan Import Barang China – Pengusaha yang ingin menambah penghasilan bisa mulai membuka bisnis import. Barang dari China di percaya memiliki selisih harga yang bisa memberikan keuntungan. Banyak pebinis importir memiliki kendala dalam bahas, ijin, dan penipuan yang bisa terjadi. Sebagai pemula dalam bisnis ini, tentu saja harus banyak belajar dan membaca panduan yang tersedia. Wilhen Cargo akan memberikan panduan bagaimana import barang China. Berikut adalah panduan dan langkah untuk memulai bisnis import barang dari china :

Tentukan Barang

jika ingin sukses dalam berbisnis, anda harus menentukan barang apa saja yang akan di jual. Jika anda sudah mempunyai strategi pemasaran yang kuat anda bisa suka hati dalam memilih barang yang akan di jual. Di sarankan lebih memilih produk yang sulit di temukan di pasaran. Bisa juga produk yang unik dan sulit di temukan di pasaran. Daripada import barang yang sudah trends dan tersedia banyak di pasaran. Peluang bisnis anda lebih mudah meningkat karena barang memiliki sedikit kompetitor yang menjualnya.

Anda harus melakukan riset untuk mencari tahu produk yang di import bisa memberikan margin keuntungan. Apalagi jika anda hanya punya budget terbatas. Anda harus pastikan barang tersebut bukan hanya sekedar murah, namun juga memiliki biaya pengiriman yang terjangkau.

Modal Usaha

Untuk dapat mengimpor barang dari China, ada beberappa syarat utama yang Anda butuhkan, yaitu tersedianya modal. Karena itu, pastikan bahwa anda mempunyai uang yang cukup untuk mengimpor barang. Kadang kala pabrik-pabrik di China ada menetapkan jumlah mininum pembelian. Pembeli harus membeli dalam jumlah banyak supaya bisa mendapatkan margin keuntungan yang besar. Dengan membeli dalam jumlah banyak itu artinya anda harus punya modal usaha.

Jika Anda mempunyai modal yang kecil, maka anda bisa coba mulai belanja di Aliexpress. Marketplace ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Di sana ada banyak supplier yang menyediakan barang dengan jumlah minimal order yang lebih kecil. Namun jika Anda memiliki budget yang cukup besar, Anda bisa mencari supplier melalui marketplace raksasa seperti Alibaba.

Panduan Import Barang China Pilih Supplier

Pebisnis harus mencari supplier yang bisa di percaya. Untuk mendapatkan supplier anda bisa melakukan beberapa cara. Tanyakan beberapa referensi, mendatangi event eksibisi, dan mencari review. Atau anda bisa mendatangi langsung pabrik di China. Biaya lain yang akan di perhatikan adalah biaya asuransi, dan biaya ketentuan perdagangan seperti EXW (EX-Works), FOB (Free on Board), CIF (Cost, Insurance, and Freight), dan lain sebagainya. Ada beberapa supplier bisa memberikan layanan yang tentu saja bisa menghemat biaya. Sebelum melakukan transaksi, ada baiknya anda mempelajari ketentuan yang di dapat dan beberapa resiko yang bisa terjadi.

Baca Juga : Jasa Import Murah Alasan Memilih Pengiriman Import Via Laut

Lakukan Pembayaran Tanda Jadi

Setelah anda membuat perjanjian dan deal dengan supplier china, anda harus mencermati metode dan bagaimana langkah membayar. Beberapa suppplier menetapkan pembayaran tanda jadi 30 sd 50% di depam sebagai tanda jadi. Mereka melakukan ini supaya bisa memproduksi barang yang di pesan. Jika barangnya sudah jadi, anda tidak perlu melakukan pembayaran tanda jadi. Sisa pembayaran akan di lakukan pada saat pengiriman kepada anda. Masing-masing supplier mempunyai tanda jadi yang berbeda, pastikan anda tidak salah paham di sini. Kategori produk juga bisa menjadi panutan untuk harga down payment.

Panduan Import Barang China Kesepakatan Transaksi

Langkah terakhir adalah membuat kesepakatan dengan supplier. Bagaimana tentang layanan ekspedisi yang akan di gunakan. Ekspedisi biasanya menyediakan 3 jenis layanan yaitu LCL, FCL atau jalur udara. Untuk biaya import bisa bervariasi tergantung jenis dan volume barang yang akan di import. Anda harus memperhitungkan budget yang anda gunakan supaya bisa mendapatkan margin keuntungan. Jangan sampai anda tidak memperhitungan baik-baik jumlah uang yang akan di gunakan dalam pengiriman karena hal ini sangat penting.

Ketika barang sudah sampai di Indonesia, biasanya di wajibkan membayar bea cukai dan pajak import sebelum barang bisa di ambil oleh pemilik. Jika anda tidak pandai dalam menghitung ini semua, anda bisa memakai jasa import. Jika anda tidak mau repot, maka bisa juga menggunakan jasa custom clearance yang biasanya di tawarkan pihak ekspedisi agar barang dapat di ambil.

Inilah panduan dasar sebelum memulai bisnis import barang dari China. Pastikan anda selalu mencari informasi dan berkonsultasi dengan pihak importir untuk mendapatkan info yang jelas dan berguna. Jangan lupa untuk mencari info dan melakukan riset supaya bisa mendapatkan margin keuntungan dari barang import.

 

1 Comment

  • Keuntungan Jasa Import Barang - Wilhen Cargo

    […] Baca Juga : Panduan Import Barang China […]

  • Write a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *